Rabu, 03 Februari 2016

Kerusakan pada klep / katup dan cara memperbaiki

Kerusakan-kerusakan yang terjadi pada katup atau klep

Beberapa kerusakan yang sering terjadi pada katup atau klep selama pemakaian mesin motor antara lain adalah:
1. Seting / kedudukan daun katup aus / pecah,
2. Batang katup-nya aus atau mengecil,
3. Batang katup-nya bengkok.
Kerusakan pada klep /  katup dan cara memperbaiki

Akibat dari kedudukan daun katup rusak

Kedudukan daun katup yang rusak akan berpengaruh pada beberapa fungsi lain misalnya:
1. Kompresi motor bocor,
2. Motor sukar dihidupkan,
3. Hidupnya motor tidak
normal,
4. Bahan bakar menjadi boros,
5. Motor tidak bisa langsam / stasioner.

Cara perbaikan daun katup yang sudah aus

Apabila daun katup aus hanya sedikit maka perbaikan bisa dengan cara men-sekur lagi. Namun apabila daun katup pecah maka perbaikannya harus melakukan penggantian dengan yang baru.

Dan setiap penggantian katup yang baru harus di-sekur lebih dahulu tujuannya agar kedudukan daun katup bisa merapat dengan seting katup dari kepala silinder.

Akibat dari batang katup yang aus atau mengecil

Beberapa akibat yang disebabkan oleh karena aus dan mengecilnya batang katup antara lain adalah:
1. Batang klep menjadi kocak / longgar didalam bos-nya,
2. Bergeraknya katup tidak stabil / goyang,
3. Oli di kepala silinder merembes masuk ke dalam ruang bakar,
4. Oli mesin cepat habis atau berkurang,
5. Motor berasap tebal atau ngebul hitam,
6. Busi cepat kotor / hitam / basah dan cepat lemah dan mati,
7. Ruang bakar cepat kotor oleh arang atau karbon,
8. Permukaan kepala piston cepat kotor.

Cara perbaikan batang katup yang aus atau mengecil

Jika batang klep sudah aus maka harus dilakukan penggantian yang baru dan pada waktu mengganti katup ini sebaiknya bos katup / guide valve-nya juga harus diganti baru.

Untuk mengganti katup saja cukup kita pasang sendiri tetapi kalau mengganti bos katup harus dilakukan oleh bengkel bubut.

Akibat dari batang katup yang bengkok

Beberapa masalah yang tim,bul akibat dari bengkoknya batang katup adalah:
1. Bergeraknya katup di dalam bos menjadi berat / seret ataupun bahkan macet sama sekali,
2. Bos katup cepat rusak / aus / melebar / retak / pecah,
3. Hidup motor menjadi tidak normal.

Cara perbaikan batang katup yang bengkok

Apabila sampai batang katup bengkok maka perbaikannya harus dengan penggantian dengan yang baru.

Beberapa catatan tentang masalah katup / klep / valve mesin motor

1. Menyetel gap katup harus dilakukan pada waktu mesin dingin,
2. Setiap kepala silinder motor 4 tak terdapat dua buah katup yang terdiri katup IN ( lebih besar ) dan katup EX ( lebih kecil ).
3. Setiap katup EX terdapat satu oli seal dan oli seal ini harus diganti setiap melakukan penggantian katup yang baru,
4. Setiap katup memiliki dua buah per, yaitu per kecil (bagian dalam) dan per besar ( per bagian luar ),
5. Pada motor-motor yang cc-nya besar seperti Honda CB pada umumnya dimana khusus per yang besar, gulungan ujung sebelah dengan gulungan sebelah tidak sama yaitu gulungan sebelah renggang sedangkan gulungan ujung sebelah rapat dan cara pemasangannya adalah gulungan yang renggang dihadapkan ke atas sedangkan gulungan rapat dihadapkan ke bawah,
6. Perhatikan agar per katup yang kecil tidak boleh tertukar dengan per kopling, pada waktu memasang kembalinya, sebab antara per katup yang kecil dengan per kopling hampir sama bentuk dan ukurannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar